Selasa, 19 Agustus 2014

Sering Menahan BAB ??? Ini Dampaknya

Tidak terasa sudah lama saya menelantarkan blog ini karena kesibukan lain. Sempat bingung juga apa yang mau saya posting untuk menghidupkan lagi blog mbahming.com ini. Dan kebetulan tadi pagi saya bangun, cuci muka, lalu keluar  (tidak sempat mandi..hehe). Maklum ada urusan mendadak naik mobil dengan rekan saya. Celakanya, sebelum berangkat saya belum buang air besar (BAB). Nah di tengah perjalanan, saya merasakan perut saya mulai bergemuruh, berkontraksi, seperti ada yang akan meluncur dari pintu belakang..:D. Karena tidak mungkin berhenti di jalan, akhirnya saya terpaksa menahan BAB sampai ke tempat tujuan kami. Dan setelah sampai, saya langsung bergegas ke toilet. Hmmm.... Lega rasanya...;)
Nah, setelah itu saya jadi penasaran apa efek samping dari kebiasaan menahan BAB. Akhirnya saya browsing di google. Inilah yang jadi ide saya untuk menambah postingan blog ini.


Haah, jadi curhat.. Langsung ke topik saja lah. Kita semua pasti pernah menahan BAB. Ada banyak sebab yang membuat kita terpaksa melakukannya. Misalnya sedang rapat di kantor, sedang ujian nasional, sedang perjalanan, nonton bioskop, antri toilet, sulit BAB, atau bahkan merasa sayang untuk BAB karena semalam habis makan makanan enak & mahal. Jadi takut makanan yang enak & mahal tersebut hanya tertahan di perut semalam saja kemudian lepas begitu saja...hehehehe.

Nah, ternyata menahan BAB itu mempunyai dampak buruk bagi tubuh. Sebenarnya kotoran berupa zat sisa pencernaan dan bakteri yang jahat dalam usus harus dikeluarkan setiap hari.Ya paling tidak sehari sekali. Saat kita menahan BAB, usus akan berkontraksi dengan sangat kuat agar kotoran tidak sampai keluar. Jika kita sering melakukannya, akumulasi dari seringnya menahan BAB lama kelamaan otot usus akan membengkak. Buntutnya resiko terjadinya radang dan infeksi pada usus akan semakin besar. Dan infeksi inilah yang akan memicu kanker usus. Menahan BAB juga menyebabkan cairan  feses yang berada di ujung usus akan diserap sehingga feses menjadi keras. Buntutnya kita jadi sulit BAB.

Memang kebanyakan yang mengalami kanker usus adalah orang tua, karena dengan umur mereka yang bertambah pastinya semakin sering juga mereka menahan BAB. Nah untuk mencegah agar tidak sampai itu terjadi, mari kita biasakan BAB setiap hari mulai sekarang. Dengan BAB teratur, perut kita akan terasa nyaman. Selain itu biasakan juga makan makanan sehat dan teratur, serta cukup air dan serat agar BAB lancar. Kekurangan air dan serat akan mengakibatkan susah BAB. 


Sumber : http://www.zonakesehatan.info/2013/10/dampak-buruk-menahan-bab-bisa-kena.html




0 komentar :

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda pada kolom berikut.