Rabu, 17 Agustus 2016

Mengenal Teknologi Virtual Reality

Saat ini kita sering mendengar istilah Virtual Reality atau yang biasa disebut dengan VR. Banyak orang yang sudah familiar dengan teknologi ini. Namun masih banyak juga yang belum mengenalnya. Nah, bagi yang belum terlalu mengenal teknologi ini, yuk kita bahas.


Apa sih Virtual Reality atau VR ?
Virtual Reality adalah sebuah teknologi dimana penggunanya dapat merasakan sensasi berada langsung di lokasi yang ada pada suatu game, video, ataupun foto. Jadi jika anda menonton video yang mendukung VR, anda akan merasakan benar-benar ada dalam video tersebut. Jika anda memutar kepala anda ke kanan, maka sudut pandang dalam video juga akan mengikuti perputaran kepala anda. Begitu juga sebaliknya, ke kiri, atas, dan bawah. Bingung dengan penjelasan saya? Ah, saya juga bingung jelasinnya gimana..;D

Bermain game VR pun juga sama. Anda akan merasakan pengalaman baru bermain game. Jika sebelumnya anda hanya menatap layar monitor, sekarang anda bisa merasakan game itu benar-benar di depan mata.  Anda  akan lebih leluasa melihat sekeliling, lihat kanan, lihat kiri, atas, bawah, atau balik badan. Pastinya seru.

Apa saja yang dibutuhkan untuk menikmati teknologi VR?
Untuk menikmati teknologi VR ini, kita memerlukan suatu kacamata khusus yang biasa disebut kacamata VR. Ada beragam merk & model kacamata VR ini. Ada yang sudah include dengan perangkat software game di dalamnya. Ada juga yang hanya berupa rangkaian kacamata saja sehingga memerlukan perangkat lain berupa smartphone android / IOS.
Saat ini kebanyakan orang menggunakan smartphone mereka plus kacamata VR untuk merasakan sensasi luar biasa ini.
Tidak semua smartphone bisa digunakan untuk menikmati teknologi ini. Hanya smartphone tertentu saja yang bisa digunakan. Terutama yang sudah dibekali dengan sensor asselerometer dan gyroscope. Jika smartphone anda tidak memiliki semuanya itu, atau hanya salah satu saja, maka ya tidak akan bisa digunakan meskipun anda punya kacamata VRnya.

Kemudian yang tidak kalah penting, pastikan video, game, atau foto yang akan dilihat sudah mendukung VR. Jika tidak, meskipun Anda sudah menggunakan kacamata VR tetap saja hanya melihat video biasa.

Kacamata VR apa yang bagus?
Ada beragam merk dan model kacamata VR, mulai yang murah sampai yang  mahal. Yang paling murah adalah kacamata VR berbahan karton/kardus yang diproduksi oleh Google. Harganya di pasaran berkisar 25-50rb saja. Sangat murah untuk menikmati sensasi luar biasa. Hanya saja bahannya dari kertas karton, jadi untuk jangka panjang kurang awet.

Untuk bahan yang lebih kokoh banyak merk lain yang menawarkan kenyamanan lebih baik. Tentunya dengan harga yang lebih kokoh lagi :D



Untuk pilihan yang mana lebih baik, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kantong anda. Jika punya dana berlebih beli saja yang nyaman dipakai dan bahan yang kokoh.  Untuk yang dananya pas-pasan seperti saya, bisa pilih Cardboard dari Goolgel saja. Yang penting kita perlakukan dengan baik pasti awet.

0 komentar :

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda pada kolom berikut.